20.06.2024   |   Berita   |   Kontak   |   Perihal    |     

Selayang Pandang

Fakultas Psikologi merupakan salah satu Fakultas dan Program Studi yang dimiliki Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, yang berada di bawah naungan Yayasan Bhrata Bhakti (YBB). Izin penyelenggaraan Program Studi Psikologi (S1) terbit melalui SK pendirian PS No 076/D/2007. Sementara ijin operasionalnya adalah Nomor 1802/D/T/K-III/2020. Sesuai amanat Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tetang Pendidikan Tinggi, Fakultas Psikologi Ubhara Jaya mempunyai kewajiban melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Fakultas menjalankan fungsi dan tugas pendidikan tinggi bersama-sama, baik secara internal dan eksternal untuk mewujudkan daya saing bangsa dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Secara khusus, Fakultas Psikologi memiliki keterikatan dan kedekatan dengan Polri, terkait hal itu kurikulum 2019 didesain memiliki kajian Ilmu Psikologi Kepolisian, yaitu

  • Psikologi Kepolisian I (Personel dan Organisasi Kepolisian),
  • Psikologi Kepolisian II (Psikologi Kriminal),
  • Psikologi Kepolisian III (Psikologi Forensik) dan
  • Psikologi Kepolisian IV (Pemeriksaan Psikologi Investigasi).

Dengan demikian Fakultas Psikologi diharapkan dapat berperan dalam mendukung proses kajian pengembangan kesejahteraan psikologis personel Polri, pengembangan SDM Polri, dan menghasilkan riset yang mendukung Polri.


VISI DAN MISI FAKULTAS PSIKOLOGI UBHARA JAYA

Visi

Fakultas Psikologi Ubhara Jaya memiliki cita-cita menjadi Fakultas yang unggul, sehingga menetapkan visi sebagai berikut: “Mewujudkan Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, sebagai Fakultas unggulan yang berdaya saing Nasional dan Internasional di tahun 2026, berwawasan kebangsaan dan berbasis psychological security, guna menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing, berperilaku baik.”

Misi

Dalam rangka mewujudkan visi Fakultas Psikologi, maka ditetapkan misi yang harus dilaksanakan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis Sekuriti dan Berwawasan Kebangsaan dalam rangka pembelajaran ilmu psikologi maupun aplikasinya.
  2. Melakukan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu psikologi yang berkualitas dan diakui di tingkat nasional regional hingga internasional.
  3. Berperan aktif dalam pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  4. Bekerjasama mengembangkan bidang Psikologi Kepolisian untuk dapat berkontribusi dalam tugas Kepolisian, terutama yang berkaitan dengan permasalahan psikologis untuk membantu menangani masalah sosial dan penanganannya dalam rangka mewujudkan ketertiban, keamanan dan kesejahteraan masyarakat. Kontak.